Search

Tuesday, June 26, 2012

Cara Menggoreng Ayam Goreng Tepung / Fried Chicken



Menggoreng Ayam

Menggoreng ayam ala resto fried chicken harus pakai sistem deep frying. Kalau tidak punya alat deep fryer elektronik/digital bisa menggunakan wajan besar dan minyak goreng yang banyak, sekitar 5 Liter.  Lebih baik lagi kalo punya candy thermometer, termometer yang bisa mengukur suhu di atas 100°C sebab untuk menggoreng ayam fried chicken ini suhu minyak harus stabil di suhu 150°C.  Minyak goreng dengan suhu 150°C ini adalah minyak yang siap digunakan untuk menggoreng ayam. Usahakan pengadukan ayam dengan tepung selesai saat minyak siap digunakan dan suhu minyak goreng dijaga pada 150°C selama menggoreng. Lamanya menggoreng 15-16 menit, bila tepung sudah mengeras saat digoreng ayam bisa dibalik. Bila sudah rata matangnya ayam bisa diangkat, ditiriskan dan diletakkan di cooling rack dengan lampu pemanas di atasnya supaya kerenyahan ayam tetap terjaga.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Menggoreng ?

Tepung bumbu yang telah digunakan harus diayak dan dikeringkan kemudian ditempatkan di wadah yang kering dan ada tutupnya. Usahakan sisa tepung tersebut bisa habis dalam waktu 1-2 hari agar kualitas gorengan tetap terjaga.
Minyak goreng harus disaring juga supaya sisa-sisa tepung tidak terikut saat penggorengan ayam berikutnya karena bisa menyebabkan gosong sebelum matang.

No comments:

Post a Comment