Search

Monday, July 23, 2012

Bakwan, Gorengan Favorit di Indonesia



Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan bisanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Restaurant review jakarta

Bahannya terdiri dari tauge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak. Di Jawa Barat bakwan disebut 'bala-bala'. Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur).

Bakwan biasanya terdiri atas sayuran, akan tetapi terdapat variasi lain yaitu bakwan udang yang menggunakan udang utuh yang digoreng bersama adonan terigu. Karena kemiripannya, istilah 'bakwan' dan 'perkedel' sering kali dipertukarkan, misalnya bakwan jagung juga dapat disebut perkedel jagung.

Di Jawa Timur istilah bakwan merujuk kepada pangsit goreng yang diisi adonan campuran tepung dan daging atau ikan giling. Hidangan disajikan bersama tahu, bakso, dan mie dalam kuah kaldu sapi. Hidangan ini mirip dengan hidangan mie bakso dan dikenal dengan sebutan 'Bakwan Malang' atau 'Bakwan Surabaya' untuk merujuk kepada kota asal hidangan ini; Malang dan Surabaya.


No comments:

Post a Comment