Search

Friday, April 19, 2013

Pisang Goreng!!




Pisang Goreng! Baru mendengar namanya saja, pasti terbayang kan seperti apa renyahnya? Gorengan yang satu ini memang memiliki banyak peminat, mulai dari kaki lima hingga hotel bintang lima pun semuanya menyajikan si garing satu ini dengan caranya masing-masing. Kenapa dan apa sih rahasianya sampai si Pisang Goreng ini bisa memiliki tempat di hati pecinta kuliner?

Sebut saja salah satunya yang sempat marak beredar dimana-mana, pisang goreng pasir. Cemilan ringan yang satu ini bukannya digoreng menggunakan pasir loh, tapi karena tekstur crispynya sangat renyah dan berjatuhan seperti pasir, dari sanalah pemberian nama ini dimulai. Satu hal lagi yang menjadikan cemilan satu ini berbeda dibandingkan pisang goreng pada umumnya, adalah karena tidak mengandung banyak minyak, jadi lebih sehat. Jenis pisang yang digunakan biasanya adalah pisang kepok, diiris menjadi 5 bujur sehingga membentuk seperti kipas.

Adonan tepungnya kemudian akan membalut si pisang ini sebelum digoreng. Banyak juga yang memberi ide dengan tepung roti agar lebih renyah dan garing hasil gorengannya. Semuanya tergantung selera saja, karena rahasianya terletak di seberapa tebal tepung yang menutupi si pisang tersebut sebelum digoreng. Celupkan saja irisan pisang kepok sebanyak tiga sampai lima kali secara bergantian sambil diangkat. Ketika digoreng, usahakan menggunakan jumlah minyak yang banyak agar bisa merendam seluruh permukaan pisang. Angkat dan tiriskan, kemudian rasakan crispynya si pisang goreng pasir! Memiliki banyak penggemar, maka tak heran jika kini gorengan ini naik kelas dan banyak dijadikan sebagai lahan usaha franchise di berbagai kota. Tertarik mencobanya?

No comments:

Post a Comment